- See more at:

Advertisment

Kamis, 30 Mei 2013

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SAYYID ABUL A’LA AL-MAUDUDI

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

SAYYID ABUL A’LA AL-MAUDUDI 
Konstruk pemikiran pendidikan Islam al-Maududi tampaknya tidak dapat disebut religius dalam pengertian sempit, juga tidak dapat disebut sekuler. Secara ideologis, konstruk pemikiran al-Maududi tidak dapat dikatakan pure fundamentalis, namun ada sedikit campuran konservatisme. Hal ini tampak terlihat dengan masih terbukanya pintu untuk menerima “unsur" lain. Demikian ini dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat sosialnya (umat Islam). Lagi pula “penyesuaian” ini dilakukan dengan bersandar pada “budaya” masa silam (ajaran Islam) sebagai tuntunan yang paling bisa dipercaya bagi tindakan-tindakannya
Dari uraian diatas dapat kami simpulkan :
  1. Paradigma pengetahuan modern identik dengan nalar positifistik, falsifikatif, strukturalis dan objektifistik.
  2. Pemikiran pendidikan Islam al-Maududi diantaranya : dasar, tujuan, ruang lingkup, kurikulum, dan metode dalam pendidikan.
  3. Tipologi pemikiran pendidikan Islam al-Maududi tidak dapat disebut religius dalam pengertian sempit, juga tidak dapat disebut sekuler. Secara ideologis, konstruk pemikiran al-Maududi tidak dapat dikatakan pure fundamentalis, namun ada sedikit campuran konservatisme. Hal ini tampak terlihat dengan masih terbukanya pintu untuk menerima “unsur" lain. Demikian ini dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat sosialnya (umat Islam). Lagi pula “penyesuaian” ini dilakukan dengan bersandar pada “budaya” masa silam (ajaran Islam) sebagai tuntunan yang paling bisa dipercaya bagi tindakan-tindakannya.

Read more ...

LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MASA KLASIK

LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
MASA KLASIK
Lembaga-lembaga Islam klasik yang berawal dari permulaan Islam telah mewarnai kebesaran Islam dalam sejarahnya. Berawal dari kuttab, khalaqoh, setelah itu masjid biasa atau masjid khan, semuanya berkembang dengan melewati proses dari kebutuhan umat untuk mendalami keagamaan dan juga ilmu pengetahuan.
Lembaga pendidikan Islam klasik berawal dari kebutuhan umat untuk saling bertukar pemikiran, bertukar syair, menyampaikan ide dan sebagai tempat bertanya. Dengan tempat sederhana, dari rumah ke rumah, dan kemudian menetap di masjid sebagai tempat belajar. Yang kemudian terbentuk masjid khan dengan cirinya terdapat asrama bagi murid-murid yang belajar.
Dengan masjid khan ini sebetulnya pendidikan Islam telah mencapai zaman keemasan. Berbagai terjemahan secara besar-besaran telah dilakukan pada masa ini ke dalam bahasa Arab. Namun, dengan adanya perang salib dalam beberapa tahap telah menghancurkan sumber keilmuan Islam saat itu.
Baru setelah itu ide tentang madrasah muncul, ketika kegiatan belajar di masjid ini dirasa tidak maksimal. Berawal dari ide Nizham Al-Mulk, Madrasah dijadikan tempat pendidikan dengan lebih sempurna. Berbagai ilmu pengetahuan diajarkan dalam madrasah ini. Madrasah pertama yaitu Madrasah Nizamiyah pada tahun 457 H di Nisyapur.
Perkembangannya madrasah ini berlangsung sangat pesat. Banyak daerah-daerah yang lain ikut mendirikan madrasah sebagai tempat pendidikan. Semua kegiatan pendidikan dipusatkan di madrasah ini. Dan pada periode akhirnya akan membentuk lembaga pendidikan yang lebih tinggi yaitu universitas.
Lembaga pendidikan selain madrasah yang cukup berpengaruh adalah lembaga-lembaga sufi yang mulai nampak pada abad 4 H. Masing-masing kelompok sufi ini telah memiliki banyak murid dan pengikut.
Berdasarkan uraian singkat diatas, lembaga pendidikan Islam Klasik, telah banyak memberi warna baru dalam peradapan Islam. Dalam bentuk yang sederhana, lembaga-lembaga ini telah banyak menghasilkan tokoh-tokoh besar di zamanya. Kebesaran Islam dengan periode klasiknya, telah membuktikan bahwa Islam telah banyak berusaha untuk tampil secara maksimal sebagai agama yang sempurna.
Read more ...
Rabu, 22 Mei 2013

password modem Speedy


IP Modem :  192.168.1.1
Cukup ketikkan IP modem saja, lalu klik [enter].

3. Akan muncul formulir login untuk login ke modem.
Pada formulir ini, anda akan dimintai username beserta password modem, umumnya jika tidak ada perubahan, maka username dan password berisi : admin. Isi dengan username : admin  dan password : admin.

akan tampil sebuah halaman untuk setting modem seperti gambar berikut :
Setting Password Speedy

4. Klik Interface Setup, pilih tab Wireless, scrooll sedikit kebawah halaman padaQSS Settings terdapat formulir SSID.
Untuk mengubah nama WiFi Modem, di kolom SSID tersebut bisa di ubah sesuka hati. Misalnya saya beri nama 'WiFi Modemku'

5. Untuk mengubah password WiFi, geser sedikit ke bawah pada WPA-PSK/WPA2-PSK terdapat kolom Pre-Shared Key.
Isi kolom tersebut dengan password WiFi yg anda inginkan. Minimal 8 karakter bisa kombinasi huruf dan angka. Bila perlu, password tersebut di catat agar tidak lupa.
Password Modem Speedy
6. Jika semua sudah, klik tombol [save] 
Read more ...

Followers

Featured Posts