- See more at:

Advertisment

Kamis, 30 Mei 2013

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SAYYID ABUL A’LA AL-MAUDUDI

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

SAYYID ABUL A’LA AL-MAUDUDI 
Konstruk pemikiran pendidikan Islam al-Maududi tampaknya tidak dapat disebut religius dalam pengertian sempit, juga tidak dapat disebut sekuler. Secara ideologis, konstruk pemikiran al-Maududi tidak dapat dikatakan pure fundamentalis, namun ada sedikit campuran konservatisme. Hal ini tampak terlihat dengan masih terbukanya pintu untuk menerima “unsur" lain. Demikian ini dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat sosialnya (umat Islam). Lagi pula “penyesuaian” ini dilakukan dengan bersandar pada “budaya” masa silam (ajaran Islam) sebagai tuntunan yang paling bisa dipercaya bagi tindakan-tindakannya
Dari uraian diatas dapat kami simpulkan :
  1. Paradigma pengetahuan modern identik dengan nalar positifistik, falsifikatif, strukturalis dan objektifistik.
  2. Pemikiran pendidikan Islam al-Maududi diantaranya : dasar, tujuan, ruang lingkup, kurikulum, dan metode dalam pendidikan.
  3. Tipologi pemikiran pendidikan Islam al-Maududi tidak dapat disebut religius dalam pengertian sempit, juga tidak dapat disebut sekuler. Secara ideologis, konstruk pemikiran al-Maududi tidak dapat dikatakan pure fundamentalis, namun ada sedikit campuran konservatisme. Hal ini tampak terlihat dengan masih terbukanya pintu untuk menerima “unsur" lain. Demikian ini dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat sosialnya (umat Islam). Lagi pula “penyesuaian” ini dilakukan dengan bersandar pada “budaya” masa silam (ajaran Islam) sebagai tuntunan yang paling bisa dipercaya bagi tindakan-tindakannya.

Title: PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SAYYID ABUL A’LA AL-MAUDUDI ; Written by umar; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers

Featured Posts